Wednesday 17 February 2010

iPhone: Applications


Salah satu keunggulan iPhone dibandingkan ponsel cerdas lain adalah dukungan aplikasi yang banyak dan sebagian besar dapat diunduh secara gratis. Hingga saat ini tidak kurang dari 30 ribu aplikasi dipajang di App Store, toko online aplikasi iPhone yang bisa diakses melalui iTunes maupun iPhone. Aplikasi ini merupakan karya dari pihak ketiga atau app devoloper yang terlepas dari Apple. Apple membuka kesempatan buat siapa saja yang mampu mengembangkan aplikasi untuk iPhone. Aplikasi asli buatan orang Indonesia pun sudah cukup banyak mengisi etalase App Store.

Cara mendapatkannya pun mudah, asalkan terdapat sambungan Internet, buka iTunes/App Store melalui komputer atau iPhone, pilih aplikasi, unduh, aplikasi akan terpasang di iPhone dan di Gallery iTunes. Kita diminta mengisi AppleID dan password yang telah kita registrasi sebelumnya setiap kali ingin mengunduh aplikasi. Untuk aplikasi yang berbayar, tagihan akan didebit ke kartu kredit yang kita daftarkan saat membuat AppleID.


Aplikasi yang populer dan free di antaranya Facebook, Yahoo Messenger, eBuddy, twitterific di kategori Social Networking. Sedangkan untuk kategori News, ada Detikcom, Kompascom, CNN dan beberapa channel berita dunia lain. Untuk kategori Game dan Entertainment tidak terhitung jumlahnya permainan menarik yang dapat diunduh secara gratis maupun bayar. Hampir semua game yang ada di versi PC atau perangkat game lain ada dalam versi iPhone-nya. Dan fasilitas layar sentuh serta shake dari iPhone membuat game tersebut mempunyai sensasi baru yang berbeda.

Aplikasi kantoran (office) dan bisnis pun tidak kalah banyaknya, ada QuickOffice yang mampu membuat dan membaca file yang kompatibel dengan Word dan Excel di komputer. Ada juga beberapa aplikasi lain untuk mengatur cashflow serta membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, kalau iPhone dianggap sebagai smartphone entertainment semata rasanya tidaklah tepat. Dalam perkembangannya iPhone adalah ponsel cerdas untuk semua aspek.

0 comments:

Post a Comment