Monday 15 February 2010

iPhone: The Introduction


Pertama kali melihat iPhone pasti muncul kesan takjub. Hal itu wajar karena iPhone adalah smartphone (telepon pintar) impian. Bukan hanya karena harganya yang menakjubkan, tapi gadget ini merupakan salah satu produk inovatif dalam dasawarsa ini. Desainnya simple, clean, stylish dan efisien, ciri khas produk keluaran Apple Inc. Setelah takjub, kemudian akan muncul pertanyaan bagaimana menggunakannya karena iPhone secara tampilan sudah beda dengan kebanyakan telepon seluler (ponsel) lain.

iPhone menggabungkan tiga fungsi utama, yaitu telepon seluler, iPod, dan Internet. Handset ini menggunakan teknologi layar sentuh sepenuhnya (multi touch), sehingga tampilan mukanya akan minim tombol. Satu-satunya tombol yang dapat kita temukan di bagian depan adalah sebuah tombol besar yang agak cekung di bagian bawah layar. Tombol ini dinamakan Home. Tombol ini berfungsi mengembalikan tampilan iPhone ke halaman depan. Jadi, apabila kita berada di tengah halaman iPhone atau "terjebak" dalam fungsi iPhone yang tidak kita mengerti dan ingin mengulang atau kembali ke kondisi awal, tekan saja Home.

Selain tombol Home di bagian depan, ada beberapa tombol lain di bagian pinggir iPhone. Di kanan atas, ada tombol Sleep/Power. Tombol ini berguna untuk mematikan sementara tampilan iPhone (fungsi Sleep). Caranya dengan menekan sekali saja, iPhone akan berada dalam kondisi Sleep atau Standby. IPhone masih dapat menerima panggilan, SMS atau notifikasi lain dalam kondisi ini. Jika kita ingin mematikan iPhone dalam jangka lama, maka kita harus menekan tombol ini dan menahannya beberapa detik hingga muncul tanda Power Off di layar. Dalam kondisi ini iPhone mati dan tidak dapat menerima panggilan atau fungsi lain. Untuk menyalakannya kita harus menekan dan menahan tombol ini beberapa detik hingga muncul logo apple di layar. Proses ini juga dinamakan booting.

Di bagian samping kiri atas, terdapat dua tombol, yaitu Ringer/Silent dan Volume. Tombol Ringer ini dapat digeser untuk memindahkan kondisi silent atau bersuara. Dalam kondisi silent, apabila kita aktifkan maka iPhone akan dalam posisi getar (vibrate) saat menerima panggilan atau SMS. Tombol Volume dapat di tekan ke atas atau ke bawah untuk pengaturan volume suara yang kita inginkan.

Setelah mengenal pertombolan, kita juga perlu mengetahui lubang-lubang colokan. Di pinggir kiri atas terdapat lubang untuk jack earphone dan di bagian bawah terdapat lubang untuk charging/syncing. Charging adalah proses pengisian batere dan syncing adalah proses sinkronisasi iPhone dengan komputer melalui kabel USB.

0 comments:

Post a Comment