Wednesday 17 February 2010

IPhone: Setting

Sekarang mari kita jelajahi isi iPhone yang menakjubkan ini. Pertama kali saat menyalakan iPhone kita akan berada di halaman paling depan dengan tampilan standar berupa bola dunia kebiruan dengan latar belakang hitam. Di bagian bawah terdapat tulisan "slide to unlock" dengan didahului tanda panah. Untuk membuka halaman berikutnya, kita geser tanda panah hingga menyentuh ujung tulisan. Voila! Terbukalah halaman pertama iPhone yang umumnya terdiri dari 16 tombol menu utama: Messages, Calendar, Photos, Camera, YouTube, Stocks, Maps, Weather, Voice Memos, Notes, Clock, Calculator, Settings, Itunes, App Store, Contacts. Kita menyebut halaman ini springboard. Di bagian paling bawah terdapat baris yang tidak akan berubah apabila layar iPhone kita geser dengan sentuhan tangan. Bagian ini disebut dock. Di dock ini umumnya terdapat menu: Mail, Phone, Safari, dan iPod.


Menu standar tersebut dapat digunakan sesuai nama dan fungsinya. Satu menu penting untuk menyesuaikan iPhone dengan keperluan kita adalah Setting. Di sini ada banyak sekali pengaturan yang dapat kita lakukan.

Isi menu (iPhone 3G/3GS - untuk 2G mungkin sedikit berbeda):


Airplane Mode
Fitur ini berguna bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang. Mode ini sebaiknya kita aktifkan (ON) ketika takeoff. Dengan mode on, kita tidak dapat menggunakan beberapa fungsi iPhone se[erti menelepon, SMS, dan Internet, tetapi kita masih dapat membuka email, SMS atau website yang sudah tersimpan dan tentu saja mendengarkan lagu via iPod.

Wi-Fi
Jika kita terhubung dengan jaringan Wi-Fi, nama-nama jaringan wifi akan terdaftar dan kita tinggal memilih nama network yang kita inginkan dengan melakukan tap (sentuhan sekali). Apabila jaringan tersebut berkata kunci, kita diminta memasukkan kata kunci (password) dengan cara tap di tempat yang tersedia. Kita dapat juga mengaktifkan/menonaktifkan fitur ini.

Carrier
Fitur ini akan menampilkan operator dari SIM card yang kita masukkan.

Notifications
Ini adalah fitur yang dapat kita aktifkan untuk beberapa aplikasi yang mempunyai fasilitas notifikasi seperti YM, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Sounds
Di bagian ini kita bisa mengaktifkan getar, memilih ringtone atau memilih suara penanda email, SMS dan sebagainya.
Brightness
Jika kita mengatur kecerahan secara default maka iPhone akan menyesuaikan tampilan secara otomatis. Layar iPhone akan menjadi lebih cerah atau meredup untuk mendapatkan tampilan yang optimal.
Wallpaper
Gambar wallpaper akan muncul saat iPhone dalam kondisi lock. Gambar-gambar ini dapat kita pilih dari galeri wallpaper yang disediakan atau juga diganti dengan foto atau gambar kita sendiri yang tersimpan dalam iPhone.

General
Di bagian ini terdapat beberapa seksi untuk informasi iPhone dan pengaturan selanjutnya, seperti: About, Date & Time, Auto-Lock, Passcode Lock, Network, Bluetooth, Keyboard, dan Reset.

0 comments:

Post a Comment