Wednesday 17 February 2010

iTunes: Superstore for iPhone

Untuk memulai menggunakan iPhone kita memerlukan iTunes yang harus kita unduh (download) di komputer, Windows maupun Mac dari www.itunes.com. Setelah iTunes terpasang di komputer, kita hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB yang tersedia. Lalu kita akan diminta membuat akun iTunes untuk mendapatkan AppleID dan password. Kemudian kita diminta melakukan aktivasi iPhone, ikuti saja petunjuk sesuai dengan kebutuhan atau keadaan. Hubungan dengan komputer ini dibatasi untuk lima komputer.

Biasanya setelah iPhone terhubung dengan iTunes, apabila OS iPhone lebih rendah daripada OS yang ada sekarang, iTunes akan menawarkan upgrade ke OS terbaru. Kita bisa memilih meng-upgrade atau membiarkan OS iPhone seperti yang ada saat itu. Upgrading ini tidak akan bermasalah jika iPhone kita termasuk dalam FU* (Factory Unlock), tetapi akan membuat iPhone kita terkunci jika iPhone kita SU* (Software Unlock). Berhati-hatilah! *Tentang FU dan SU dibahas pada tulisan lain.


Melalui iTunes inilah kita akan terhubung dengan komputer sehingga dapat menyelaraskan (syncing) data yang ada di komputer dengan di iPhone, seperti nomor kontak (Contacts), musik, lagu dan aplikasi. ITunes juga merupakan media player yang dapat memainkan musik, film dan radio.

Di iTunes kita juga dapat membeli/mengunduh aplikasi melalui iTunes/App Store. Apple mengklaim telah memiliki sekitar 30.000 aplikasi, sebuah koleksi yang luar biasa banyaknya. Umumnya aplikasi versi lengkap tersebut berbayar, harganya paling murah $0.99 hingga puluhan dolar. Akan tetapi, jangan khawatir ada banyak sekali aplikasi gratis atau versi lite dari setiap aplikasi berbayar sehingga kita bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Versi lite dari aplikasi ini bisa kita gunakan selamanya tanpa ada batas waktu dan umumnya versi lite ini pun sudah mencukupi kalau kita tidak terlalu berharap untuk mendapatkan versi lengkapnya.

Aplikasi-aplikasi itu dikelompokkan dalam beberapa kategori:
- Games
- Entertainment
- Utilities
- Social Networking
- Music
- Productivity
- Lifestyle
- Reference
- Travel
- Sport
- Navigation
- Health & Fitness
- News
- Photography
- Finance
- Business
- Education
- Weather
- Books
- Medical

Applications Store ini juga dapat kita akses melalui iPhone. Sungguh sebuah toko aplikasi yang lengkap.


0 comments:

Post a Comment