Wednesday 17 February 2010

Unlock & Jailbreak


Mungkin kata-kata jailbreak dan unlock sering kita dengar yang berkaitan dengan iPhone. Apa sebetulnya arti dari dua kata sakti tersebut.

Jailbreak
Penjelasan sederhana tentang jailbreak adalah sebagai berikut. IPhone atau juga iPod touch secara resmi hanya dapat mengunduh aplikasi dari iTunes/App Store. Beberapa orang berinisiatif membuat program yang memungkinkan iPhone mengunduh aplikasi selain yang ada di App Store. Proses pemasangan software dalam iPhone inilah yang disebut jailbreak.

Unlock
Di beberapa negara, termasuk di Amerika sendiri, penjualan iPhone dilakukan secara bundling dengan operator seluler tertentu dan biasanya iPhone terkunci hanya bisa menerima kartu SIM dari operator tersebut. Kondisi iPhone seperti ini disebut lock. Akan tetapi, di beberapa negara lain seperti di Indonesia, meskipun penjualan iPhone secara bundling dengan Telkomsel, iPhone masih bisa digunakan untuk kartu SIM dari operator lain. Kondisi iPhone seperti ini disebut Factory Unlock (FU). Nah, kondisi lock seperti iPhone di Amerika akan dibuka secara resmi oleh operator apabila masa kontrak sudah habis. Pelanggan juga bisa membayar biaya unlock sebelum selesai kontrak agar iPhone bisa dipakai untuk operator lain. Dalam upaya untuk membuka kunci ini "secara paksa" tanpa melalui prosedur resmi dari operator, beberapa developer berhasil melakukannya. Kondisi iPhone yang dibuka dengan cara ini disebut Software Unlock (SU).

IPhone FU selamanya akan dapat digunakan untuk kartu SIM apa saja, tentunya kartu SIM GSM dengan frekuensi yang sesuai. Sedangkan iPhone SU memang dapat digunakan untuk semua kartu SIM tetapi jika iPhone tersebut di-upgrade OS-nya, maka iPhone tersebut akan terkunci lagi sehingga perlu dilakukan prosedur unlock lagi. Proses unlock iPhone dilalui dulu dengan proses jailbreak.

0 comments:

Post a Comment